Senin, 28 Oktober 2013

Hati Hati Softlens Bergambar







Bisa Menyebabkan Kerusakan Serius Pada Mata

Harga murah, tidak perlu resep dokter, mudah memakainya dan praktis, membuat penampilan lebih cantik, tidak heran jika softlens banyak diburu, terutama wanita muda. Lihat saja, makin banyak softlens warna dijual, makin banyak softlens bergambar bintang, kartun dan sebagainya. Memang sih keren, namun ahli kesehatan mata memberi peringatan bahwa softlens seperti ini memiliki bahaya besar.

Dilansir oleh Huffingtonpost.com, American Academy of Ophthalmology memperingatkan konsumen bahwa softlens bisa menyebabkan kerusakan serius pada mata. Banyaknya penjual softlens tanpa resep di online shop juga memperparah keadaan ini. Banyak orang mengalami lecet pada kornea, brok pada mata bahkan infeksi mata keratitis.
Kerusakan Parah Harus Transplantasi Kornea Mata

Jika kerusakan parah sampai terjadi, para pasien bahkan ada yang sampai menjalani transplantasi kornea mata dan operasi. Dengan demikian, kebutaan akibat penggunaan softlens warna atau bergambar bisa dicegah. Yang parah, kerusakan ini bisa terjadi sangat cepat setelah pemakaian softlens.

"Apa yang terjadi pada mata orang-orang hanya satu malam setelah pemakaian lensa kontak, atau setelah memakai lensa kontak warna/bergambar tanpa resep dokter," ujar Dr. Thomas Steinemann, juru bicara American Academy of Ophthalmology.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar